Festival Kebudayaan Jak-Japan Digelar 18-25 September









Jakarta - Jepang kembali mengadakan festival kebudayaan Jak-Japan Matsuri 2011 dengan tema 'Terima Kasih Indonesia'. Tema ini dipilih sebagai ucapan terima kasih pemerintah Jepang pada Indonesia yang turut membantu Jepang saat dilanda tsunami Maret lalu.

Event ini akan diselenggarakan selama seminggu di Jakarta mulai tanggal 18-25 September. Selain pameran kebudayaan, ada juga pameran foto Jepang saat dilanda tsunami.

"Salah satu tujuan acara ini adalah meningkatkan persahabatan dan kerjasama juga memperkenalkan kebudayaan Jepang kepada warga negara Indonesia, khususnya warga Jakarta," tutur Ketua Panitia Jak-Japan Matsuri 2011, Kenichi Kuroda, dalam jumpa pers usai bertemu Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jumat (16/9/2011).

Keinichi mengatakan, selain acara pameran foto dan kebudayaan, pada tanggal 22-24 September, akan diadakan Nakamura Japan Dramatic di teater Taman Ismail Marzuki (TIM). Pada event ini juga akan menampilkan pagelaran musik klasik.

"Semoga acara ini akan dicintai masyarakat Jakarta, untuk menghidupkan cahaya persahabatan Jepang Indonesia," harap Keinichi.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Duta besar Jepang untuk Indonesia, Yoshimori Katori. Katori menuturkan, kegiatan ini sekaligus sebagai ucapan terima kasih, atas bantuan dan dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia ke Jepang saat terjadi bencana gempa dan tsunami yang melanda Jepang.

"Ini wujud terima kasih kita kepada Indonesia, bapak presiden dan ibu saat berkunjung ke Jepang waktu itu sebagai bentuk rasa simpati pada warga Jepang yang kena tsunami. Itu hal yang luar biasa untuk kami," ungkap Katori.

Di tempat yang sama, Fauzi Bowo juga menyambut baik kegiatan ini. Dia juga yakin event ini akan menyedot perhatian warga Jakarta.

"Warga Jakarta juga selalu memberikan apresiasi terhadap berbagai seni dan budaya Jepang," klaim Fauzi.

Fauzi juga berharap, lewat perhelatan ini, kedua negara semakin menguatkan persahabatan yang sudah terbina selama 50 tahun terakhir. Oleh karena itu, dia mengimbau seluruh masyarakat Jakarta menunjukkan penyambutannya dengan menjadi tuan rumah yang baik.

"Kita buktikan Jakarta bisa menjadi kota dan tuan rumah yang baik," tandas Pria yang akrab disapa Foke.

Pembukaan Jak-Japan Matsuri 2011 akan diadakan di Hotel Nikko Jakarta pada tanggal 18 September. Sementara penutupannya akan dilakukan di Monas pada 25 September mendatang.



Sumber : Detik News

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee