(Review) the GazettE Live 2005 - Maximum Royal Disorder








Aku suka live2 Gazette yg jadul XDD entah kenapa aura mereka lebih kerasa dibanding sekarang. Kali ini mau ngereview salah satu live terbaik mereka , Maximum Royal Disorder. Kebanyakan lagu yang dibawakan di lagu iniberasal dari album Disorder.

Konser dibuka dengan SE yang diambil dari track pertama dari album Disorder.Member satu persatu muncul. Diantara outfit member yang lain , paling suka liat bajunya Ruki disini. Suka aja , hehe ... XD

Lagu pertama langsung bikin tensi memanas , The Social Riot Machine. Mungkin ini adalah perform terbaik mereka untuk lagu ini. Temponya gak sekenceng diversi recording, tapi tak apalah. Suara Ruki mengalami peningkatan berarti sejak Heisei Banka. Dan Deep Growlnya Ruki emang top dah >.< Aku gak taucaranya dia bikin suara growl seperti itu. Para member keliatan masih canggung buat headbang. Itu aja sih kurang serunya, hehe .... Dan menjelang akhir Rukiberaksi dengan screamnya yang agak kasar. Untuk musik , hampir sama seperti versi recording, tapi temponya agak diperlambat (kaya'nya). Lagu Kedua , DIS , masih mengundang tensi panas. Hohoho , kali ini musiknya dipercepat dan Ruki kembali menunjukkan deep growlnya yang gahar itu. Great Vokal by Ruki XD Lagu ini termasuk asyik dibawain secara live, tapi sayang Ruki udah berhenti scream jadi agak susah berharap lagu ini bakal dibawain lagi. Lagu berikutnya , Wife.Jangan ditanya lagi gimana lagu ini , hehe …. Intensitasnya kenceng. No Comment lah , emang bener2 tipikal musiknya Gazerock era dulu. Sampai disini pun , cuman Reita yang keliatan headbang. Lagu berikutnya , Carry , salah satu lagu GazettE favoritku. Sedikit improvisasi diawal dan seterusnya sama seperti di recording. Bedanya, gak ada backing vocal cewek dan rap growlnya Ruki. Ending dari lagu ini gak mungkin sama dengan versi recording , jadi Aoi menutupnya dengan manis lewat petikan gitarnya. Masih main kenceng, kali ini mereka ngebawain Anti Pop. Awalnya asyik , karena permainan bass Reita dan drumnya Kai begitu groovy. Setelahnya , Gazerock rules XD Ruki juga gak nyanyiin lagu ini dengan banyak growl macam di recording. Dan aku kangen saat semua member ikut nyanyi seperti di lagu ini T.T

Akhirnya mereka memberi lagu yg agak slow juga. Yap , Hana Kotoba.Salah satu lagu indah miliknya GazettE. Penghayatannya Ruki bagus , permainan musik yang dinamis, ciri-ciri lagu balladnya GazettE era dulu. Great ! Lagu berikutnya mah para fansnya GazettE udah pada hafal , Reila. Ini bukan lagu yang aku suka sebenarnya , tapi tak bisa dibantah kalo lagu ini salah satu ballad masterpiecenya GazettE. Sama seperti dilagu sebelumnya , kita bisa denger permainan gitar akustiknya Aoi di lagu ini. Yang menarik dari laguini adalah solo gitarnya Uruha yang lumayan panjang. Ruki gak usah ditanya lagi, cukup bagus kok , hehe …

Udah cukup untuk lagu slownya, tensi nya agak dinaikin dikit dengan lagu single Zakurogata no yuutsu. Yang bukan penggemar GazettE bilang lagu ini aneh , tapi sebenarnya inilah ciri khas musik Gazerock itu.Lagu berikutnya asyik juga nih , The Murder’s TV. Bisa dijadiin lagu headbangan ini , hehe … Liriknya agak beda dari versi aslinya terutama dibagian verse nya. Tapi tak apalah , yang penting tetap asyik. Sound Bassnya Reita yang dulu entah kenapa lebih asyik dibanding sekarang. Dan disini udah kedengaran vokal Ruki yang sedikit goyang , menandakan dia udah kecapekan. Lagu berikutnya bikin tensi max lagi , Maximum Impulse . Ruki gak bernyanyi se-ekstrim di versi recording, tapi musiknya tetep high tension X3 dan , Member masih sungkan buat headbang -_-a Lagu ini juga jarang dibawain sekarang,mungkin karena gak sesuai dengan musik mereka yang sekarang, padahal asyik lho buat headbangan. Lagu berikutnya adalah salah satu lagu yang wajib dibawain ketika live mereka , Linda ~Candydive Pinky Heaven~. Entah kenapa suara Ruki sedikit dikasih efek yang ngeganggu begitu. Dan itu gak enak banget-_- Overall , untuk lagu ini aku lebih suka ketika mereka ngebawainnya dari Nameless Liberty six guns sampai Nameless Liberty Six Bullets (Kecuali DIMScene). Soalnya Screamnya Ruki gak ditutupin suara aneh itu + Vokal Ruki ketika ngerap tetap stabil sekarang. Lagu penutup sesi pertama , Saraba.
Sumpah lagu ini sebenarnya keren , tapi seperti lagu yang “terabaikan” olehpara fans. Aku suka melodi yang dihasilkan kedua gitar , vokal Ruki yang walaupu nsudah mencapai klimaks masih mampu membawakan lagu ini dengan bagus. Nuansanya kayak perang era dulu. Sebenarnyab lebih prefer jika lagu ini diletakkan setelah Reila tapi tak apalah. Tetap ending yang bagus kok.

Perform setelah jeda dimulai dengan Ride With The Rocker. Keren nih , walau durasi nya gak panjang. Suara nya Reita keren , ngegrowl banget , bahkan lebih keren dibanding sekarang. Dan akhirnya bisa liat Aoi ngeheadbang meskipun sebentar , haha. Aku lebih suka headbangnya Aoi ketimbang Uruha , haha. Lagu selanjutnya keterlaluan kalo fansnya GazettE gak tau , Ruder. Asyik nih lagunya , Ruki gak cari aman disini. Dia bawain dengan banyak scream dan growl. Salah satu perform terbaik mereka untuk lagu ini >.
Lagu berikutnya , Shunsetsu no koro. Salah satu lagu favoritku dari mereka. Vokal Ruki disini gak terlalu bagus karena terlalu diporsir di lagu sebelumnya. Solo Gitarnya Uruha jadi momen terbaik dilagu ini.Salah satu ciri khas mereka ketika ngebawain lagu ini versi live adalah ketika memasuki chorus terakhir , Aoi-Reita-Ruki-Uruha saling berdekatan. Mirip-mirip momen di lagu Precious nya Luna Sea , hehe. Good Perform ! Dan konser punditutup dengan Miseinen , lagu terfavoritku dari semua lagu GazettE >.< Ruki tetap berusaha maksimal , walaupun vokalnya udah mau habis. Solo gitar di pertengahan dan akhir lagu benar2 epic, keren banget,apalagi driving bassnya Reita di setelah solo gitar di pertengahan lagu,mantapp >.
Jika ada lagu penutup konser paling bagus , mungkin lagu ini termasuk salah satunya. Di akhir live , seperti biasa mereka berpegangan tangan dan melompat diikuti para penonton.


Yaiks , benar2 live yang keren. Walaupun cuman ngebawain 16 lagu tapi tetaplah jadi sebuah live yang memorable bagi para fansnya Gazetto. Overall, soundnya cukup bagus , performa mereka juga stabil, atmosfirnya juga keren banget.Sangat disayangkan bila ada fansnya GazettE yang belum pernah nonton live mereka yang satu ini.

Mohon maaf kalo reviewnya agak berantakan , maklum gak terlalu paham soal musik cuman berdasarkan pendengaranku aja , hehe -/\-

Setlist:
-SE-
1. The Social Riot Machine
2. [DIS]
3. Wife
4. Carry
5. Anti Pop
6. Hana Kotoba
7. Reila
8. Zakurogata no yuutsu
9. The Murder’s Tv
10. Maximum Impulse
11. Linda ~Candydive Pinky Heaven~
12. Saraba
SE
ENCORE
13. Ride With The Rocker
14. Ruder
15. Shunsetsu no Koro
16. Miseinen
























Komentar

dian_dnss mengatakan…
tahun berapa itu ?
Angga Yukihara mengatakan…
tuh , sesuai dengan judul di review .... tahun 2005

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee