Kantai Collection : Koleksi waifu idealmu !!



Yap, ini adalah game yang sekarang getol-getolnya kumainin. Kantai Collection atau singkatnya KanColle saja, ialah sebuah game dari perusahaan Jepang bernama Kadokawa dimana kita dapat mengumpulkan gadis-gadis yang merepresentasikan kapal-kapal perang Jepang di era Perang Dunia 2 dulu. Jadi, kita gak cuman bersenang-senang saja tapi juga bisa belajar sejarah kapal perang Jepang era dulu, hehe. Game ini bergenre RNG (lupa kepanjangannya), dimana untuk pertarungannya benar-benar berjalan random atau acak tanpa campur tangan dari pemainnya. Meski begitu kita (setelah ini aku akan menggunakan istilah admiral), dapat menentukan formasi apa yang akan dipilih ketika menyerang. Formasi ini menentukan efektivitas serangan kita terhadap kapal musuh yang disebut abyssal. Karena bergenre RNG, admiral tidak memiliki hak untuk memilih jenis serangan apa yang dipakai sehingga sebagai admiral, kita hanya bisa berdoa saja supaya gadis kapal kita tak terkena damage yang parah apalagi sampai tenggelam.

Nah, ini adalah poin-poin yang membuatku tertarik memainkan game ini sampai sekarang.

1. Game Tak Berat dimainkan di PC/Laptop

Saat ini banyak game-game PC dengan spesifikasi tinggi yang hanya bisa dimainkan apabila laptop/PC kita memiliki spek yang tinggi pula. Tentu saja, itu membutuhkan uang yang tak bisa sedikit untuk mengupgrade PC kita atau membeli PC/laptop baru dengan spek tinggi. Sulit menemukan game yang ringan dimainkan di PC/laptop dengan kualitas bagus. Salah satu solusi game saat ini adalah mobile game. Game seperti ini bisa dimainkan di laptop/PC manapun tanpa takut lag karena ringan dan tak memakan banyak memori. Anda hanya perlu memastikan PC/laptop anda terhubung ke internet dan anda dapat memainkannya. Banyak mobile game yang beredar saat ini dan salah satunya KanColle ini. Tapi untuk dapat memainkannya tak mudah. Jika tertarik memainkannya, anda dapat mengunjungi laman ini. KanColle tergolong ringan dimainkan dilaptop/PC jadi game ini bisa menjadi alternatif bagi yang suka game bagus dengan iming-iming dapat waifu favoritmu didalamnya.

2. Pengaruh Anime

Tak bisa dipungkiri, aku yang pecinta anime menyukai anime KanColle. Terserah mau bilang kualitasnya kurang bagus atau apapun, aku bisa bilang anime ini salah satu yang terbaik untuk season winter tahun lalu. Gara-gara nonton animenya lah aku makin tertarik untuk memainkan game ini. Kalau ditanya soal waifu favorit mah, aku punya Kaga, Sendai, Tenryuu, dan Yamato. (walau yang benar-benar waifuku malah Kongou)

3. Bisa Koleksi Gadis-gadis Kapal Yang Imut

Nagamon >.< , tapi di gamenya gak kayak gini kok, hehe

Bayangkan, dalam game ini ada lebih dari 120 kapal cantik dan imut yang bisa kau koleksi. Pilihan waifumu sangat banyak di game ini. Semuanya juga memiliki karakter masing-masing yang membuatmu akan menyukai game ini. Sebut saja Kaga yang tak punya ekspresi itu, Sendai yang eksplosif hanya jika berhubungan dengan malam, Kongou yang over energik, dan lain-lain. Apalagi gadis-gadis ini suaranya diisi oleh seiyuu yang terkenal pula, membuat nuansa game ini menjadi hidup.

4. Berbagai macam Tipe Kapal

Kalau game RPG, kita mengenal Warrior, Archer, Healer, Magician, dan beberapa lainnya. Nah, di game KanColle ini, kita juga akan disuguhi hal tersebut. Bedanya, tipe bertarung mereka disesuaikan dengan tipe kapal di dunia nyata. Ada beberapa tipe kapal yang sudah keluar di game ini, yaitu :

a. Destroyer (DD)

Salah satu Kapal Type Destroyer di KanColle, Shigure
Tipe kapal yang paling lemah ketika pertarungan siang namun kuat di pertarungan malam. Tipe ini adalah yang paling banyak kamu temui di game ini karena cara mendapatkannya mudah dan memang jumlahnya sangat banyak. Gadis kapal yang terkenal di tipe ini adalah Shimakaze, Yuudachi, Fubuki, dan Hibiki. Yang menjadi ciri khas gadis-gadis destroyer adalah mereka selalu berpakaian seperti anak sekolahan dan kecil-kecil plus imut. Destroyer sendiri kalau dilihat-lihat dari equipment yang digunakan terbagi beberapa :

- Destroyer pada umumnya, dengan persenjataan 12 cm single gun dan 61 cm Torpedo Mount
- Destroyer yang punya kemampuan Anti Serangan Udara, seperti Akizuki, Teruzuki, dan Fubuki Kai Ni plus yang terbaru Kasumi Kai Ni B.
- Destroyer khusus penyerang kapal selam, dengan equipment khasnya Type 94 Depth Charge seperti Tanikaze, Urakaze, Hamakaze.

Oh ya, untuk persenjataan destroyer akrab dengan yang namanya torpedo karena hampir seluruh destroyer punya persenjataan ini. Untuk resource atau besaran isi ulang sumber daya energi yang mereka gunakan, termasuk yang paling sedikit di KanColle. Destroyer favoritku adalah Hamakaze.

b. Light Cruiser (CL)

Sendai
Kelas penjelajah versi ringan, cepat (walau tak secepat Destroyer), dan punya kekuatan yang lebih besar dibanding Destroyer. Tipe ini juga mudah didapat di game ini. Gadis kapal yang terkenal di kelas ini adalah Sendai Class (Sendai, Jintsuu, Naka), Tenryuu, dan Ooyodo. Gadis-gadis Light Cruiser ini ukuran badannya lebih tinggi dari Destroyer, namun mereka juga masih menggunakan seragam layaknya anak sekolahan. Tiga kapal dari tipe ini, Ooi, Kitakami dan Kiso, memiliki perubahan lanjutan yang signifikan yaitu tipe Torpedo Cruiser (CLT) yang dapat menggunakan equipment type A-Ko Hyoteki yang memberi mereka kesempatan untuk menembakkan torpedo pada serangan pertama. Dan sumpah, serangannya luar biasa efektif! Selain itu, ada pula CL dengan equipment khusus untuk pertarungan malam yaitu dari Kelas Sendai yang sudah diremodel dua kali (Kai Ni). Gadis-gadis CL juga mampu menggunakan persenjataan yang lebih besar dari Destroyer seperti 14 cm Single atau Twin Gun Mount atau 15,2 cm Single Gun Mount. CL favoritku : Sendai, Tenryuu, Ooyodo, Kuma.

c. Heavy Cruiser (CA)
Atago

Kelas penjelajah versi berat, dengan daya serang yang kuat. Selain itu, mereka juga punya pertahanan yang cukup bagus sehingga cukup sulit untuk tenggelam. Untuk mendapatkan CA mungkin sedikit lebih sulit dibandingkan Destroyer atau Light Cruiser. Gadis kapal dari tipe ini yang terkenal adalah Maya, Prinz Eugen, dan Atago. Ciri-ciri gadis dari kapal ini adalah tinggi badan yang lebih tinggi dari Light Cruiser maupun Destroyer, seragam yang beragam (ada yang masih pakai seragam anak sekolahan sampai yang model guru seperti dari kelas Myoukou), dan persenjataan yang lebih besar seperti 20 cm Twin Gun Mount. Beberapa kapal dari tipe ini juga bisa menggunakan pesawat tipe Zuiun, yang kemudian tipe ini disebut Aviation Cruiser (CAV). Sebut saja Mogami Kai, Kumano Kai, Suzuya Kai, Tone Kai Ni, dan beberapa lainnya. CAV ini juga memiliki kelebihan yang tak dimiliki CA yaitu kemampuannya untuk menyerang kapal selam.

d. Battleship (BB)
One of The Mighty Ship, Yamato

Kelas kapal tempur, kapal perang besar yang dengan mudahnya menenggalamkan kapal musuh hanya dalam sekali serang saja. Untuk map-map yang banyak terdapat kapal musuh yang sulit seperti Aircraft Princess dan Battleship Class, kelas ini amat penting perannya dan sangat bisa diandalkan. Ditambah lagi armor mereka yang kuat membuat mereka tak mudah terkena banyak damage. Sayangnya, mereka amat boros untuk ukuran resource apalagi dari kelas Yamato. Nah, kelas ini ciri-cirinya sudah sangat jelas : Badan yang menjulang tinggi, ukuran dada besar (wew), dan sangat dewasa (dengan pengecualian : Kongou dan Hiei). Dengan equipment sekelas 46 cm Triple Gun Mount dan AP Shell, tipe kapal ini adalah kapal penghancur nomor satu di game ini. Battleship sendiri dibedakan menjadi :

- Fast Battleship (FBB), ada juga yang menyebut Battle Cruiser karena mereka punya kecepatan yang paling tinggi diantara para Battleship. Selain cepat kapal ini juga daya hancur yang tinggi, menjadikannya salah satu pilihan bagus untuk dimasukkan dalam regu kapal para admiral. Gadis-gadis kapal dari tipe ini adalah Kongou Class (Kongou, Hiei, Haruna, Kirishima).
- Battleship (BB), tipe yang paling kuat, paling besar, dan paling boros resource. Walaupun lambat, namun mereka punya daya hancur yang mengerikan dan armor yang paling kuat diantara semua tipe kapal. Gadis kapal dari kelas ini adalah Yamato Class, Nagato Class, Littorio, Roma, dan Bismarck
- Aviation Battleship (BBV), tipe kapal battleship satu-satunya yang dapat menyerang kapal selam dan meluncurkan pesawat tipe Zuiun. Gadis kapal dari tipe ini adalah Ise Class yang sudah diremodel dan Fusou Class yang sudah diremodel.

Satu kelebihan penting dari keberadaan BB di skuad kita adalah kita bisa menyerang musuh sebanyak dua kali yang membuat kesempatan kita mendapatkan rank S di setiap pertempuran menjadi lebih besar.

e. Aircraft Carrier (CV)

My Beloved Shipgirl, Kaga, huhuhu 


Tipe kapal pengangkut pesawat. Kapal ini tidak menembakkan meriam dan persenjataan lainnya, namun mereka mengirim pesawat yang akan bertugas menyerang kapal musuh. Kapal ini adalah konsumer Bauxite terbesar di game jadi kalau kalian ingin membawa banyak kapal pengangkut, pastikan Bauxite kalian harus sangat banyak. Gadis-gadis dari kapal ini gampang dikenali : Mereka menggunakan seragam ala ekskul pemanah. Namun dalam perkembangannya, ada pula yang menggunakan seragam lainnya seperti yang dimiliki Ryuujou dan Hiyou Class (Hiyou dan Jun'you). CV dibedakan menjadi :

- Aircraft Carrier Standar (CV), tipe dengan serangan udara terkuat. Gadis-gadis kapal dari tipe ini adalah Akagi Class (Akagi dan my beloved Kaga), Souryuu Class (Souryuu dan Hiryuu), Shoukaku Class (Shoukaku dan Zuikaku), serta Unryuu Class (Unryuu, Amagi, dan Katsuragi).
- Light Aircraft Carrier (CVL), versi irit dari CV. Mereka tak melulu menggunakan panah, ada pula yang menggunakan gulungan kertas. Gadis kapal dengan tipe ini menjadi satu-satunya kapal pengangkut yang dapat menyerang kapal selam. Gadis kapal dari tipe ini : Ryuujou, Ryuuhou (Taigei (tipe submarine tender) yang sudah diremodel), Chitose Class (Chitose dan Chiyoda yang sudah diremodel), Zuihou, Shouhou, dan Houshou.
- Armored Aircraft Carrier (CVB), versi CV dengan pertahanan yang lebih baik. Mereka punya kelebihan yang tak dimiliki CV dan CVL, yaitu masih dapat meluncurkan pesawat mereka ketika bar HP mereka menyentuh warna jingga. Gadis kapal dari tipe ini adalah Taihou dan Shoukaku Class yang sudah diremodel.

f. Submarine (SS)

U-511

Tipe kapal yang paling lemah namun hanya dapat diserang oleh kapal-kapal tertentu. Gadis-gadis dari kelas ini semuanya menggunakan seragam sekolah khusus untuk olahraga berenang (kecuali U-511). Submarine mempunyai satu kelebihan lainnya, yaitu apabila di equip dengan Type A Ko-Hyoteki mereka dapat menyerang kapal musuh pada giliran paling awal. Submarine ini beberapa lainnya dapat diremodel menjadi kapal selam yang dapat membawa pesawat (SSV). Adapula kapal yang sudah bertipe SSV sedari awal yaitu I-401. Kapal paling unik di tipe SS ini adalah Maruyu, dimana ia dapat memberikan Luck sebanyak +2 apabila dijadikan kapal untuk modernisasi.




g. Jenis-jenis lainnya

Akashi

Ada Repair Ship (Akashi), Submarine Tender (Taigei), Seaplane Tender (Chitose dan Chiyoda dalam bentuk paling awal), Akitsumaru yang bisa membawa Daihatsu Landing Craft dan mempunyai perangkat Anti Submarine, Akitsushima dengan Taitei-nya, Hayasui sebagai Oiler yang dapat memasok resource kapal-kapal lainnya ketika perjalanan dalam pertempuran (Sortie),

5. Remodel dan Wedding

Kalau di RPG ada Class Up, di KanColle ada istilah Remodel. Gadis kapal yang sudah mencapai level tertentu dapat di remodel sehingga statistiknya menjadi lebih baik. Misal, Fubuki perlu mencapai level 20 untuk dapat diremodel menjadi Fubuki Kai dan dapat diremodel untuk keduanya di level 70. Ada pula beberapa kapal yang hanya dapat diremodel sekali dan bahkan ada yang dapat diremodel lebih dari 2 kali (contoh : Chitose dan Chiyoda). Kapal-kapal yang sudah menjadi Kai Ni memiliki statistik serangan dan pertahanan dibanding kapal yang hanya diremodel sekali. Selain itu, bila gadis kapal yang kita miliki sudah mencapai level 99 dan kita sudah mendapatkan sebuah surat dan cincin kawin dari misi, kita dapat melaksanakan Wedding. Yup, kita bisa menikahi gadis kapal kita sendiri di game ini. So, wajar saja 'kan jika dibilang kalo kita bisa ngoleksi waifu ideal milik kita, hehehe. Secara statistik tak terlalu banyak perubahan, namun HP dari gadis kapal yang kita nikahi akan meningkat. Sebagai contoh, satu-satunya gadis kapal yang saya nikahi (uhuk) sampai sekarang, Kongou, memiliki HP 83 dan meningkat menjadi 90 setelah wedding.

Kongou ketika sudah remodel 2 (Kai Ni) dan sedang menjalani prosesi Wedding (ehem)

Yap, game ini sangat cocok untuk refreshing pikiran ditengah gundah gulana segala kesulitan menerpa (ngeri kali kalimatnya). Anda tak perlu bersusah payah mengatur pergerakan waifu-waifu anda ketika bertempur, cukup pilih formasi penyerangan dan ... berdoalah. Mumpung movie dan anime season terbarunya belum jelas kapan keluarnya, setidaknya memainkan game ini saja sudah cukup senang sembari menunggu winter event kali ini, yuhuhuhu. BURNING LOVE





Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee