[Review] the GazettE - BEAUTIFUL DEFORMITY

Yap , Hadirnya album BEAUTIFUL DEFORMITY seakan menjadi pemuas dahaga para fans Gazetto yang ingin mendengarkan karya-karya mereka yang sejauh ini selalu menghasilkan kualitas terbaik.




Hadirnya Fadeless sedikit memberikan gambaran bagaimana album ini bila dibandingkan pendahulunya. Yup, ciri khas GazettE di tiap album mereka adalah warna musik yg mereka tawarkan selalu berbeda. Di album inipun juga begitu. Kontras dengan DIVISION yg setengah lagunya banyak mengandung sound-sound computer, di album BEAUTIFUL DEFORMITY ini mereka menampilkan musik yg lebih berwarna, seperti halnya yang mereka lakukan di album Stacked Rubbish. Namun bukan berarti DIVISION jelek, cuman ya terlalu banyak unsur komputer nya itu , hehe ^^v


BEAUTIFUL DEFORMITY merupakan album full studio ketujuh mereka atau yang ketiga dibawah bendera Sony Music. Album ini berisikan 14 lagu , dimana dua diantaranya SE yang diletakkan di awal album dan diakhir album (sama seperti yang mereka lakukan di album TOXIC, maupun album Stacked Rubbish). So , mari kita ulas sedikit tentang album ini (mohon maaf atas review yang amatiran ini _/\_)


1. MALFORMED BOX

Sebuah SE yang mengingatkan kita sedikit dengan INFUSE INTO. Hanya saja , saya lebih menyukai SE ini. Selain durasi yang lumayan panjang, diakhir SE nya bisa kita dengaran musik pengantar menuju track 2 , INSIDE BEAST.
So, "WELCOME TO THE MALFORMED BOX"

2. INSIDE BEAST

Perlu berkali-kali dengar agar lagu ini nyantol di telinga saya. Yap , lagu ini penuh unsur techno yang mungkin agak mengganggu bagi yang terbiasa denger musik rock yang keras-keras. Ini lagu yang menarik, meskipun sound gitar dari Uruha dan Aoi kurang kedengeran gregetnya. Yang keren disini malah Reita dengan cabikan bassnya (kangen bro denger Reita mainin bassnya begini) dan ketukan drum Kai yang kayak marching band itu, hahaha. Untuk chorus, sangat GazettE banget dah, hahaha :D
Skip jika gak suka musik yang beginian, tapi bagi yang ingin menambah pembendaharaan genre lagu-lagu gazettE , ini layak dengar.

3. UNTIL IT BURNS OUT

Ini lagu yang menarik. Secara musik, sisi rock mereka keluar disini. Sound gitar Uruha dan Aoi sepertinya tidak banyak berubah dibanding di DIVISION. Ruki mulai berani pamer Screamnya yg sebelumnya banyak disembunyiin di DIVISION :D 
Ada yang bilang lagu ini mirip dengan lagu-lagu nya lynch. , dan menurutku itu gak bener. Ini khas GazettE banget. Dibeberapa bagian kerasa nuansa ketukan drum Kai yang mengingatkanku pada lagu MOB 136 Bars di album Stacked Rubbish. Ketukan Drum Kai di album ini lebih enak didengar (menurutku) dibanding di DIVISION. Walaupun tak ada solo gitar tapi lagu ini enak banget didengar. Mungkin kelemahan lagu ini adalah aura dari lagunya yang justru tidak semenarik INSIDE BEAST.

4. DEVOURING ONE ANOTHER

Salah satu lagu favoritku di album ini. Diawali sound techno , lagu ini secara keseluruhan cukup cadas dan menghadirkan sensasi sendiri bagi para penggemar. Kembali, Ruki pamer Scream di lagu ini. Secara musik lagu ini juga menarik dimana Uruha dan Aoi saling melengkapi. Kai dan Reita juga tetap konsisten menampilkan performa mereka yang bertenaga. Chorusnya sangat western tapi karena pelafalan English Ruki yang entah kenapa selalu terdengar keren, lagu ini jadi benar-benar menarik didengar. 

5. FADELESS

yang udah punya single nya pasti tau lagunya seperti apa. Tidak banyak yg bisa kukomentari karena lagu ini cukup bagus. Dan suka banget denger vokal Ruki dilagu ini , very clean dan enak didengar. 

6. REDO

Lagu ini jadi pembeda dibanding album DIVISION. Diawali dengan dentingan piano, Ruki menyanyikan lirik awal yang sangat catchy dan membuat lagu ini punya sesuatu yang harus didengar sampai selesai. Nuansa lagunya benar-benar membawa kembali ingatan kita ke era GazettE yang dulu. Ada lagu Gentle Lie dari Stacked Rubbish yang punya nuansa seperti ini, dan juga aura dari lagu Sumire bisa kita dengarkan melalui permainan piano dibeberapa bagian. Harus diakui kalau vokal Ruki sangat mengangkat lagu ini. Nice Song !

7. LAST HEAVEN 

Ini lagu yang membuatku penasaran. Dan penasaran itu membuahkan sebuah lagu slow yang ... indah. Stylenya mengingatkanku akan lagu Shiroki Yutsu. Sound drumnya Kai sesuatu pokoknya , demen denger sound drumnya di album ini :D Dan akhirnya bisa mendengarkan performa gitar akustik Aoi yang mendominasi lagu ini. It is a Beauty song :) Performa vokal Ruki mantap , dan lafal English di chorus nya itu sesuatu banget dah :D Demen denger ballad gazettE yang model begini. Dengan 7 lagu ini saja , Album ini sudah merupakan sebuah karya yang sangat layak untuk didengar bahkan dikoleksi. Good Job , Man !

8. LOSS
My Favourite song di album ini ^^b OK , banyak yang menganggap lagu ini biasa aja. Tapi lagu ini bagiku greget banget. Influence dari old school GazettE sangat terasa. Terus chorusnya itu yang (walaupun generic) memorable membuatku sangat menyukai lagu ini. Permainan musiknya juga gak terlalu monoton. Temponya progresif, kadang cepat kadang melambat. Inilah yang aku suka, sebuah lagu yang sangat sesuai dengan keinginanku.

9. THE STUPID TINY INSECT 
Ini lagu yang .... yah begitulah XD Rada mirip sama Vermin tapi lagu ini lebih bertenaga. I like chorus , udah lama gak denger Ruki bernyanyi seperti itu dibagian chorus. Powerful :D Salah satu lagu cadas di album ini yang layak dengar. 

10. IN BLOSSOM 
Awalnya greget banget sih , growlnya Ruki menghiasi awal lagu dan musik memainkan tempo yang cepat. Setelah itu Ruki kembali ke normal voice nya dan musik pun masih sedikit agresif. Barulah pas chorus melambat. Ngomong-ngomong entah kenapa chorusnya ini jadi rada mirip sama Clever Monkey , jadi berpikir kalo chorusnya ini penyempurnaan chorus Clever Monkey, hahaha #ga usah terlalu dipikirkan. Ruki lumayan sering whisper disini. Good Song , tapi sepertinya sulit untuk menjadi lagu yang memorable bagi fans GazettE.  

11. Karasu
Ini lagu ..... Luar biasa greget. Bass reita diawal lagu itu luar biasa keren. Dan seterusnya lebih keren lagi. Gaya nyanyi Ruki yang unik di verse awal membuatku tambah yakin bahwa lagu ini akan jadi lagu super keren. Cabikan bass reita, Permainan duo gitaris yang apik, dan ketukan drum Kai bikin lagu ini menjadi lagu paling keren di album ini. So , This song is Reita's Show :D 

12. Kuroku Sunda Sora To Zangai Karahane 
Correct me if the title wrong. Awal lagu malah keinget Volcano nya Girugamesh , hahaha tapi itu hanya sebentar. Seterusnya lagu ini kembali ke ciri khas GazettE yang agresif. Juga salah satu lagu favoritku di album ini. Verse nya diisi suara Ruki yang kembali mengingatkanku dengan suaranya waktu masih indie (cuman sebentar setelah itu digilas Growl pengantar Chorus , hahaha). Asyik nih lagu. Bisa diajak headbang puas-puas walaupun Ruki gak banyak pamer Growl. But , Rap Growl nya Ruki itu ngangenin banget alias keren >.<

13. TO DAZZLING DARKNESS
Aku gak tau apakah openingnya dibuka bass atau gitar tapi itu hal yang menarik. Lagu ini sangat gelap meskipun chorusnya terkesan "menyala". Lagu ini enak banget, mungin bisa jadi lagu pengantar tidur. Secara instrumental maupun vokal lagu ini udah bagus banget. Walaupun lagu nya sedih dan gelap, tapi tetep ada kok bagian yang bisa diajak headbang (jika mau, hahaha). Nice song to the end. :)

14. CODA
Dan ini dia , SE favoritku dari semua SE yang pernah GazettE bikin. Permainan akustik membuka SE ini hingga akhirnya masuk bunyi elektrik gitar. Sumpah nih SE inspiratif banget. Aku yakin pasti semuanya menyukai SE ini. Kalimat yang diucapkan Ruki di SE ini (mungkin) merupakan intisari dari seluruh lagu dialbum ini. Btw , Great Instrumental by the GazettE !! 

So , Inilah BEAUTIFUL DEFORMITY. Memang tidak ada inovasi yang dilahirkan dari album ini. Album ini seperti penghubung atau mungkin pelengkap dari apa yang pernah diciptakan the GazettE sebelumnya. Semua nuansa mereka masukkan , mulai dari era jadul mereka sampai era DIVISION. Ini seakan jadi jawaban mereka dari kritik yang dialamatkan kepada mereka di album TOXIC dan DIVISION. Kalau 2 album sebelumnya sangat bernuansa Techno , maka dialbum ini dikurangi nuansa technonya. Sebuah album yang jika kuurutkan mungkin adalah album ketiga terbaik dari the GazettE , masih dibawah album DIM dan NIL yang memang the best albumnya GazettE sampai sekarang. 

So , bagi masih yang mengkritik mereka , setidaknya tunjukkanlah rasa respect kalian terhadap apa yang sudah mereka ciptakan. Kalau kalian masih tidak puas sama BEAUTIFUL DEFORMITY, dan meminta mereka kembali ke era NIL, DIM, apalagi Disorder .... Lebih baik kalian beli album-album GazettE tersebut daripada mengharapkan mereka membuat lagu yang seperti album NIL dan DIM namun justru menghambat perkembangan mereka. So , Give them more respect now ! This Album is give by them to You all , All Fans the GazettE.

Sekian review saya, apabila ada yang kurang berkenan mohon maaf. Untuk overall album , aku akan menaruh angka 8,75 untu album ini. Layak dengar dan sangat disarankan untuk membeli karya original mereka :)


Komentar

chocho mengatakan…
Ijin share ya bro
Unknown mengatakan…
klo secara artistik sih menurutku album ini masih kalah sm album DIM dan division.Di 2 album tersebut tema antara 1 lagu dgn masih ada keterkaitan baik itu dari sound yg dipakai maupun tema lagunya, secara konsep musik album ini mirip sm album yg N.I.L maupun stacked rubish yg didalamnya terdapat lebih dari satu jenis aliran musik yg dimainkan dengan iri khas gazette.Tetapi bukan berarti album ini jelek juga sih karena lagun2ya gazette di album ini sngt easy listening tapi tidak murahan.klo ingin melihat sisi artistik dari album ini maka kita harus mengetahui arti dari 2 lagu terakhir yaitu to dazzling darkness yg liriknya secara tidak langsung menceritakan apa yg terjadi saat gazette akan menyanyikan lagu terakhir sebelum konser mereka berakhir gazette dan CODA yg liriknya merupakan rangkuman seluruh lagu yg ada di album, setiap kali denger album ini aku selalu merasa nonton live konser gazette(di awali dgn SE dan diakhiri dengan permainan instrumental) dan mungkin itu juga konsep yang ingin mereka buat di album ini.Buatku beautiful deformity adalah album pertama dari gazette yg lagu2nya enak didengar dari awal sampai akhir walaupun diputar berulang kali
dian_dnss mengatakan…
beli albumnya dimana broo di twitter soalnya aku cari ga ada yg jual T.T
dian_dnss mengatakan…
wow just wow heehee
Angga Yukihara mengatakan…
Khafizh : hehe , setuju bro .... tapi kalau menurut pendengaranku lebih suka yg BD daripada DIVISION ... agak kurang suka dengan banyaknya efek2 techno yang dipake di tiap lagu ...

Dian : Sayangnya ane dapet dengan cara yg ilegal , T.T coba cari info sama temen yg uda beli

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee