Apa Itu Visual Kei ??

Hmm , Mungkin banyak penggemar jejepangan yang belum tahu tentang apa itu istilah visual kei.Lalu sebenarnya apa yang di maksud visual kei itu sendiri??

Visual Kei merupakan penggabungan dari kata Visual yang merupakan kata bahasa Inggris yang berarti Tampilan, dan kata Kei yang merupakan kata dari bahasa Jepang yang berarti gaya.
Visual Kei berasal dari Jepang , yang mengacu pada sebuah gerakan musisi-musisi J-Rock yang populer di era 90an.Gerakan ini dapat di lihat dengan jelas melalui penampilan mereka , baik dari segi kostum,make up,maupun imej visual mereka.Penggemar nya kebanyakan adalah para gadis remaja , karena sebagian besar member band V-kei adalah laki-laki.Jadi jangan heran bila ngeliat konser band-band visual kei yang penontonnya kebanyakan para gadis remaja. ^^

Nah , sekarang kita bahas dari Make Up mereka.Biasanya setiap sub genre dari visual kei memiliki tatanan make up yang berbeda-beda.Ada yang pake make up tebal , berdandan seperti wanita , namun ada pula yang berdandan layaknya pria seperti pada umumnya.Lalu dari kostum pun , setiap sub genre v-kei juga memiliki tampilan yang berbeda-beda.Ada yang berdandan layaknya bangsawan perancis(contoh : Versailles),baju serba hitam (contoh : Deathgaze), dll.Tampilan mereka kadang sesuai dengan tingkat kerumitan musik yang mereka hasilkan.(itu menurutku saja kok ^^')
(note : Namun meskipun ada sebuah band v-kei yang sering berpakaian casual , harus tetap ada satu atau dua tokoh member yang agak "feminim".Sebagai contoh, ada Hizaki dan Teru di Versailles,Kisaki di Lin,Sui di Megaromania,dll.)

Versailles , Band V-kei dengan tampilan ala bangsawan

Mungkin bagi yang bukan penggemar v-kei , banyak yang bingung membedakan antara Visual kei,Gothic bahkan Emo.Namun Visual kei punya tampilan yang bermacam-macam sehingga kadang ada pula band Visual Kei yang berdandan ala Gothic atau Emo.




Sejarah


Visual Kei pertama kali di perkenalkan oleh X Japan di akhir 80an.Mereka tampil dengan kostum yang waktu itu mungkin "agak aneh" dan make up yang tebal.Tampilan mereka sedikit mengingatkan kita pada band dari barat yang sudah terkenal lebih dulu yaitu Kiss.Gerakan ini semakin populer setelah kehadiran Luna Sea,Buck Tick,La Chryma Christy(correct me if wrong!),dan lainnya.Tidak hanya dari tampilan , namun dari segi musik , visual kei juga berkembang dengan pesat.Awalnya band-band Visual Kei cenderung memainkan musik yang keras , seperti X Japan dengan Speed Metalnya atau Luna Sea dengan genre Punk yang begitu lekat.Namun makin lama , musik band-band V-kei mulai berkreasi.Jadi gak melulu harus keras.Sebagai contoh adalah Malice Mizer , yang menjadi salah satu pioner aliran Baroque di Jepang, La Chryma yang menghipnotis penggemar dengan musik mereka yang agak cerah , terus ada Glay yang sangat di gilai para penggemarnya berkat lagu-lagu balladnya yang mempesona.Tidak hanya musik , tampilan pun juga berevolusi.Dari yang semula kaya anak metal dan make up tebal , menjadi lebih modis dengan tatanan make up yang beraneka ragam.Banyak yang menyebut era 90an adalah masa jayanya band-band V-kei.Sebab selain nama-nama di atas , masih banyak musisi-musisi v-kei lainnya yang begitu terkenal bahkan menginspirasi para band-band v-kei baru , semisal Raphael,Sophia,Pierrot,Shazna,Penicillin,L'arc en ciel(ini masih ku ragukan jika mereka adalah band Visual Kei sebelumnya),dll.

Namun mendekati tahun millenium , Visual Kei mulai mengalami penurunan.Hal ini di sebabkan banyaknya band-band tenar yang memutuskan bubar.Diantaranya X Japan(1997),Luna Sea(2000),dan Malice Mizer(2002).Memang ada beberapa musisi yang sebelumnya bergabung dengan band-band v-kei yang bersolo karir yang menjadi terkenal, semisal Gackt(ex vokalis Malice Mizer) dan T.M Revolution(ex vokalis Luis Mary).Namun mereka menjadi terkenal justru setelah mereka melepas atribut V-kei mereka(T.T).Meski terjadi penurunan , masih ada band-band v-kei bagus yang lahir di akhir 90an.Contohnya Dir en Grey.
Dir en Grey


Di awal 2000an sendiri , sudah bermunculan band-band visual kei yang bagus.Sebut saja The GazettE,Nightmare,Rentrer en Soi,D'espairs Ray,dan Mucc.Namun era mereka baru terkenal di tahun 2005an.Rata-rata para band baru v-kei terinspirasi dari band Luna Sea atau Dir en Grey, karena mereka begitu ngefans dengan 2 band itu.Sehingga wajar saja di awal karir mereka , Musik maupun tampilan mereka nyaris menyerupai 2 band di tersebut.Sedangkan sosok Hide (Gitaris X Japan yang sayangnya sudah meninggal) dan Sugizo(Gitaris Luna Sea dan X Japan) menjadi panutan bagi banyak gitaris band-band Visual Kei baru.

Luna Sea , Influence terbesar band-band baru visual kei


Tahun 2005 , band-band visual kei makin banyak bermunculan.Ada Phantasmagoria,Deathgaze,Girugamesh,Moi Dix Mois,alice nine,Metis Gretel,vidoll,dll.Aliran mereka semakin beragam.Mulai dari Hard Rock,Metal,Jazz,Gothic Metal,Pop,Rock,dll.Perkembangan zaman juga membuat tampilan visual mereka semakin modern.Dan kualitas musikalitas mereka pun sekarang sudah di akui di level internasional.Mau bukti ?? Para band-band v-kei di percaya untuk mengcover lagu-lagu dari Kartun keluaran Walt Disney ^^.

Saat ini , band-band ataupun musisi-musisi v-kei pun banyak yang di undang di acara tivi-tivi jepang atau manggung di luar negeri.Sebut saja ada The GazettE,Miyavi,Nightmare,Versailles,ViviD dan banyak lagi.Jadi , jangan melihat mereka dari tampilan mereka yang terkadang feminim tapi dari prestasi dan perjuangan yang mereka dapatkan untuk menjadi yang terbaik!!


the GazettE , band visual kei yang sering jadi perbincangan

Live Concert


Band-band Visual Kei tidak hanya unik dari tampilan ataupun musik, tapi juga dari Live mereka.Memang istilah fan service tidak hanya milik visual kei , namun mereka sering memberikan fan service yang bermacam-macam untuk para fans , tergantung dari band itu sendiri.Contohnya The GazettE yang sering memberi fan service seperti yang di lakukan Ruki dan Uruha di lagu Hyena,Gila-gilaan di lagu Kantou Dogeza Kumiai,Headbanging sampe mampus di lagu Discharge, and many more.Kebanyakan jenis fan service yang mereka lakukan seperti mencium anggota lainnya , penambahan alur musik yang headbangable , atau melemparkan stick drum,merchandise,atau sesuatu yang unik kepada penggemar sebagai tanda cinta mereka kepada fans.

Live mereka secara keseluruhan di langsungkan di tempat-tempat yang umum di jadikan tempat konser seperti di tempat-tempat besar (Tokyo Dome,Nippon Budokan) atau di tempat-tempat kecil(Club House).Hanya saja durasi live mereka terkadang "di atas normal".Sebagai contoh , Last Live nya X Japan berdurasi hingga 3 jam 40 menit lebih , Luna Sea yang hingga 2 jam lebih.Ini di sebabkan karena mereka sering memperpanjang durasi lagu yang harusnya cuma 2 - 4 menit , menjadi hingga 8 atau 10 menit , bahkan hingga belasan menit.Itulah mengapa banyak juga yang menonton konser band-band v-kei , karena mereka memberikan fan service yang bisa membuat penggemar merasa berkesan.

Yup , sekian coretan dari saya XDD.Berhubung karena pengetahuan musik saya sangat sedikit , jadi mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan kali ini.




Long Live Visual Kei !!! ^^




[Sumber : Wikipedia]



Komentar

Unknown mengatakan…
Gw sebagai fans laruku pengen ngelurusin aja gan bahwa laruku sedari awal itu mereka memang basicnya visual kei.. klo ga percaya coba liat aja visual mereka di album2 awal dune sampe tierra, visual mereka viskei bgt.. musik2nyapun juga kentara kok.. hyde bahkan sempet niru tampilan frontmannya dead end dengan rambut panjang kriting.
Band2 Musik rock dijepang pada era 80-90 dijepang itu rata2 basic awalnya visual kei gan.. jadi walaupun mereka ttp eksis sampe era millenium dgn mengganti visual mereka.. tetap bisa dipastikan awal2 dulu mereka pasti mengusung genre visual kei (contoh diru, glay, larc, gackt, miyavi dll)
Anonim mengatakan…
Tapi laruku sekarang tampilan v-kei.nya udah hampir hilang kan ya?
Oom hyde tetep guanteng koq walopun tanpa make up .. ≧▽≦

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee