Teknologi Virtual Reality dan Masa Depan Dunia Game

Masa depan adalah masa dimana banyak orang membayangkan sesuatu yang serba canggih, memberi banyak kemudahan dan juga mewujudkan hal-hal yang hanya ada dalam angan. Yah, manusia memang tak ada puas-puasnya, terus bereksplorasi mencari hal-hal baru dan berusaha mewujudkannya melalui pengetahuan yang mereka miliki. Hal ini pula yang mendorong mereka untuk berusaha mewujudkan sebuah teknologi yang mampu menerobos batas nyata dan tidak nyata. Salah satunya yang akan kita bahas disini adalah ....

Virtual Reality atau lebih gampangnya disingkat VR (bukan Valentino Rossi ya, hehe)


VR adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk merasakan secara langsung lingkungan yang disimulasikan komputer. Jadi, kita seperti benar-benar merasa ada di dunia itu. Bayangkan, anda sedang menonton film aksi dan peluru-peluru menyerbu anda seolah-olah itu hal nyata. Karena lingkungan tersebut disimulasikan oleh komputer, gak mesti lingkungan tersebut adalah lingkungan yang benar-benar ada di dunia nyata. Bisa saja, anda dengan teknologi VR ini, diajak menjelajah dunia dinosaurus atau perang dunia. Wow, menarik bukan ? 

Lalu, bagaimana cara kerja teknologi ini ?

Pertama-tama, untuk menikmati teknologi ini, anda harus memiliki alatnya terlebih dahulu. Alatnya saat ini yang cukup terkenal adalah headset atau juga alat yang mirip-mirip bentuknya seperti helm. Nah, seperti ini bentuknya.

Berkas:VR-Helm.jpg 

Bisa dilihat, kalau disebelahnya ada seseorang yang mengoperasikan komputer. Nah, data-data lingkungan atau suasana yang akan di tampilkan di headset tersebut berasal dari komputer. Headset yang dipakai orang tersebut terhubung dengan komputer tersebut. Pada headset tersebut terdapat sensor khusus yang mampu penggunanya merasakan secara langsung simulasi lingkungan yang ditampilkan. Ia bisa menyentuh, memegang, menciumnya seolah-olah hal itu nyata.

Saat ini teknologi VR masih terus dikembangkan. Ada alat bantuan selain headset seperti speaker, sarung tangan yang terhubung dengan kabel, keyboard dan beberapa lainnya. Selain sebagai simulasi milter ataupun medis, saat ini sudah ada simulasi yang menggunakan lingkungan fiksi seperti game.

Bagi anda pecinta game, jelas saja VR akan memanjakan anda dengan merasakan sendiri berada di dunia virtual game yang anda mainkan.

Berikut adalah macam-macam headset yang sudah banyak beredar untuk games :

1. Wii Remote

Wii remote adalah remote yang digunakan untuk memainkan permainan-permainan dalam konsol Nintendo Wii. Teknologi ini termasuk Virtual Reality karena gerakan yang ditampilkan dalam game merupakan gerakan yang dihasilkan oleh pemain gamenya sendiri. Sebagai contoh dalam permainan tenis, pemain game menirukan gerakan memukul bola ala pemain tenis pro untuk membuat chara yang dimainkan bergerak sesuai pergerakan pemainnya.

2. Oculus Rift

File:Oculus Rift - Developer Version - Front.jpg 

Semacam headset yang menampilkan lingkungan game yang dimainkan. Anda harus punya PC untuk menggunakannya karena alat ini terhubung dengan PC. Bagaimanapun, untuk menggunakannya dibutuhkan requirement yang powerful dan jelas saja membutuhkan biaya besar. Harga alat ini dikisaran $500.

3. PlayStation VR

File:Project Morpheus at GDC 2014.jpg
Buatan Sony dan merupakan saingan dari Oculus Rift. Bedanya, alat ini dikhususkan untuk dijalankan dalam permainan PS4. Alat ini sendiri baru akan dirilis sekitar pertengahan Oktober 2016 dan akan dijual dikisaran harga $399.

4. HTC Vive

Sama seperti 2 diatas, alat ini juga berupa headset. Hanya saja, alat ini memiliki kelebihan yaitu skala yang digunakan (skala ruang), yang membuat penggunanya merasa berada di sebuah ruang 3D. Terdapat controller yang menggunakan gerak tangan untuk memanipulasi objek yang disimulasikan. Alat ini membutuhkan PC (spesifiknya, Microsoft Windows) untuk menjalankannya. Harga alat ini dikisaran $700.

5. StarVR

Kelebihan headset satu ini adalah keluasan pandangannya, yang mencapai 210 derajat. Inputnya menggunakan posisi gerak mata penggunanya.

Untuk game sendiri sebenarnya teknologi VR sudah digunakan sejak lama. Di pertengahan 90an, ada Virtual Boy dari Nintendo, iGlasses oleh Virtual I-O, Cybermaxx oleh Victormaxx dan VFX1 Headgear oleh Forte Technologies. Selain itu, dimasa saat ini ada pula teknologi VR macam Kinect dan PlayStation Eye/PlayStation Move.

Masa depan dunia game bersama teknologi ini tergolong cerah, dimana banyak perusahaan berusaha mengembangkan teknologi ini untuk memanjakan para gamer. So, teknologi macam Virtual MMORPG ataupun Solid Vision dari Yu-Gi-Oh bisa jadi kenyataan dimasa yang akan datang.



Sumber gambar dan informasi: Wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee