Mengenal Teknologi Internet Masa Depan, 5G

Kita saat ini hidup di era internet dengan teknologi 4G, yang kecepatan datanya bisa mencapai 100 Mbps. Untuk mendownload file-file berukuran 4 - 5 Mb hanya dalam hitungan detik. Lalu bagaimana jika nantinya kita hidup di era teknologi 5G, yang menjanjikan kecepatan super cepat ?



Ini siklus 10 tahunan dimana setiap 10 tahun, diperkenalkan teknologi generasi baru untuk menambah kecepatan internet yang sudah ada. Awal mulanya pada tahun 1982, diperkenalkan 1G, 10 tahun kemudian keluar 2G, dan pada tahun 2001 diperkenalkan 3G, dan pada 2012 diperkenalkan 4G. Seolah untuk melengkapi siklus tersebut, diperkenalkanlah ide teknologi 5G yang sudah muncul sejak 2012. 

Meski begitu, teknologi ini menyisakan debat panjang. Salah satu yang disorot adalah lebar bandwidth yang disokong oleh teknologi 5G. Seperti diketahui, setiap penambahan generasi juga diikuti semakin lebarnya bandwidth yang digunakan. Untuk 4G saja sudah menggunakan bandwidth 20 MHz dan jika melebihi itu kemungkinan akan tumpang tindih dengan transmisi K-band dari satelit komunikasi. Terlalu banyak hal yang harus dipikirkan seperti cakupan jaringan yang lebih luas, konsumsi baterai yang harus lebih rendah, dll, karena perbedaan utama 4G dan 5G harus terlihat jelas, yang berarti bahwa kecepatan 5G bisa jadi tidak bisa diukur meskipun sempat disepakati bahwa kecepatan downloadnya maksimal berada di 10 Gbps yang berarti 100 kali lebih cepat dari 4G. 4G sendiri masih terus berevolusi dan akan berada pada tahap dimana kecepatan datanya bisa mencapai 1 Gbps.

Meski begitu, pada 22 Februari 2016, NTT Docomo dan Ericsson berhasil mencapai kecepatan kumulatif 20 Gbps dengan dua perangkat yang terhubung secara bersamaan pada tes paling pertama 5G pada percobaan luar ruangan. Hal ini memantik perusahaan-perusahaan lain seperti Samsung yang bekerja sama dengan Verizon memulai trial 5G, Google yang mengembangkan jaringan 5G yang mereka sebut SkyBender, Nokia yang mulai melakukan pengembangan 5G tahun ini, dan seterusnya.

Estimasi pihak Nokia dan NTT Docomo adalah teknologi 5G dapat selesai pada 2020, bertepatan dengan diadakannya olimpiade Tokyo ditahun tersebut.

Untuk Indonesia mungkin harus bersabar lebih lama lagi untuk menikmati jaringan ini.


Sumber : wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee