Nokia yang Mulai Mencari Kejayaannya Kembali

2017 menjadi pertanda kembalinya Nokia ke dunia teknologi yang sudah lama membesarkannya. Dan mereka kembali bersaing ke dunia smartphone yang sudah banyak dihuni nama-nama besar seperti Samsung, Apple, dan bahkan Sony. Kita mungkin sudah lupa jika Nokia masih bertahan sampai sekarang dan bahkan di tahun ini akan merilis beberapa smartphone bersistem operasi Android terbaru.

Pertanyaanya : Setelah sekian lama menghilang, apa saja yang dilakukan Nokia ?


Banyak yang mengatakan jika Nokia bangkrut, namun kenyataannya mereka masih bisa bertahan sampai sekarang. Nama besar Nokia yang mulai meredup di tahun 2011, jelas membuat keuangan mereka menjadi semakin menipis. Kerjasama mereka dengan Microsoft setidaknya masih membuat mereka bertahan walaupun harus mengorbankan OS yang tengah mereka kembangkan, MeeGo, dan akhirnya memakai OS milik Microsoft, Windows Phone. Pada pertengahan 2012, nokia terancam bangkrut saat harga stock mereka di bursa saham turun dibawah $2. Mereka akhirnya memutuskan untuk menjual divisi mobile dan perangkatnya ke Microsoft pada 2013. Tak heran kalau Nokia Lumia rata-rata memiliki OS Windows Phone, karena Lumia merupakan produk yang dikembangkan Nokia bersama Microsoft.

Saham Nokia kembali terangkat setelah mengakuisisi Siemens pada tahun 2013. Langkah ini mampu menyelamatkan Nokia karena Siemens sendiri mengalami untung yang cukup banyak di tahun itu. Meski begitu keuangan mereka masih dalam masa-masa sekarat. Penjualan Lumia sendiri cukup bagus namun tak banyak membantu Nokia. Setelahnya Nokia banyak berkecimpung di dunia teknologi selain Mobile Phone seperti OZO, VR kamera dengan sudut lihat 360 derajat, dan pembelian 80% saham perusahaan telekomunikasi perancis Alcatel di tahun 2015.

Sepanjang 2014 - 2016, mereka banyak berkutat pada proses jual - beli untuk mempertahankan eksistensi mereka sekaligus mencari cara untuk mengembangkan produk mereka melalui saham perusahaan yang mereka beli.

Di tahun 2017 ini, bersama dengan divisi baru bagian perangkat HMD Global, mereka meluncurkan seri Nokia 6, 3, dan 5 yang diperuntukkan untuk smartphone kalangan menengah. Selain itu mereka juga merilis kembali versi terbaru dari produk andalan mereka dimasa lampau, 3310, yang sudah dimodernisasi.

Perlahan tapi pasti Nokia mulai kembali ke dunia mobile phone dan seakan ingin menunjukkan bahwa mereka masih ada dan layak diperhitungkan.

Nokia 6, Salah satu produk yang dicanangkan Nokia di tahun 2017


Sumber : wikipedia, antaranews

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee