Android Nougat dengan fitur Virtual Reality-nya

Android baru saja meresmikan nama baru OS nya, yang semula masih berupa code name "N" menjadi Android Nougat pada 30 Juni lalu. OS terbaru android ini diindikasikan akan merilis versi full-nya di bulan Agustus atau September tahun ini.

Info mengenai fitur-fitur terbaru yang akan dimasukkan ke dalam Android Nougat juga sudah banyak bertebaran di internet. Apa-apa saja fitur-fitur terbaru yang kumaksud ?


Yap, Virtual Reality (VR). Teknologi yang sedang rame-ramenya sekarang juga akan tiba di Android. Namun tak semua smartphone ber-OS android yang mendukung fitur ini karena ada beberapa spesifikasi komponen yang hanya ada di smartphone terbaru. Fitur VR ini dinamakan Daydream yang dikembangkan sendiri oleh pengembang Google. Belum ada informasi lain mengenai fitur Daydream ini.

Selanjutnya ada fitur "Doze" yang sudah ada di Android Marshmallow, dan dikembangkan lagi di Nougat. Dengan fitur ini, maka Smartphone otomatis akan melakukan pembatasan terhadap aktivitas seperti jaringan internet. Namun kita masih bisa mengakses internet dan melakukan aktivitas-aktivitas lain yang bersifat dasar seperti telepon dan pesan. Smartphone akan dalam keadaan "Full Doze" apabila tidak digunakan sama sekali dalam periode waktu yang lebih lama.

Next, ada fitur "Multi-Window Mode" yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Fitur ini bersifat hidden feature (fitur tersembunyi). Fitur "Bundled Notification" membuat banyak notifikasi dari satu aplikasi yang biasa muncul dilayar, hanya akan menjadi satu notifikasi saja dengan catatan notifikasi-notifikasi tersebut berada dalam satu aplikasi. Misalnya, kalau ada 3 pemberitahuan baru dari game yang sama dengan isi yang berbeda pada Android terdahulu akan ditampilkan ketiga-tiganya dan memenuhi layar notifikasi namun dengan bundled notification, pemberitahuan yang muncul digabung menjadi satu.

Ada juga fitur "Data Saver". Sebuah fitur yang mampu membatasi penggunaan data dan memicu fungsi internal dari aplikasi untuk mengurangi penggunaan bandwidth, seperti pembatasan kualitas media streaming.


Tertarik untuk membeli Smartphone terbaru dengan Android Nougat ?


Sumber : wikipedia, oketekno




Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee