[Corat-Coret] Anime Musim Semi 2016 (Spring 2016)

Anime Musim Semi 2016 sudah berakhir. Ya, memang masih ada serial lain yang masih berjalan seperti Re:Zero, tapi secara keseluruhan, anime musim ini sudah berakhir. Ada beberapa anime memuaskan, namun sejujurnya entah kenapa musim semi ini kurang begitu berkesan.

Catatan : Bagi yang belum menonton, corat-coret ini mengandung banyak Spoiler!

Urutannya agak acak jadi yang nomor 1 belum tentu merupakan anime terbaik

1. Koutetsujou no Kabaneri


Yo, anime yang hype-nya begitu tinggi. Bahkan ada yang bilang bisa menyamai Shingeki no Kyojin. Jujur aku bukan penggemar SnK dan tak terlalu menyukainya, jadi aku berusaha untuk melihat dulu seperti apa anime ini.

Well, anime ini menawarkan hal yang sudah biasa dilihat di anime-anime shounen :
1. Protagonis dengan keinginan heroik
2. Makhluk misterius (Kabane)
3. Pertarungan membela umat manusia
4. Kekuatan protagonis yang didapat dari musuhnya(mereka disebut Kabaneri)

Seperti biasa pula, aku terkagum-kagum dengan suguhan seperti itu. Bagaimanapun, hype yang kurasakan dari anime ini adalah ... that opening song by EGOIST ! That song was so epic !! Selain itu ? Yah, aku bisa merasakan kenikmatan tersendiri diawal-awal seri ini. Pertarungan yang memukau, beberapa drama. Tapi sayangnya, karena anime ini menawarkan sesuatu yang sudah klise dari awal, maka sudah bisa ditebak mereka juga mengeksekusinya dengan cara yang mudah ditebak.

Kekurangan anime genre action shounen sekarang adalah storyline. Terkesan kurang inovasi dan kurang kreatif. Selain itu, banyak pula pace/plot yang dipaksakan. Anime ini mengawalinya dengan baik. Dan aku setuju dengan banyak pendapat : Biba menghancurkan anime ini. Kemunculan karakter ini sudah terlalu mudah ditebak. Sehingga timbul pertanyaan, apakah mereka sudah kehabisan ide ? Aku jujur saja tertarik dengan ide para kabane yang menyatukan diri sehingga menjadi bentuk raksasa di episode 6. Bagiku itu cukup menarik walaupun gampang ditebak. Hanya saja, kabane ini belum benar-benar dieksplorasi secara penuh sehingga mereka tenggelam sama sekali disisa episode. Toh, mereka bisa saja 'kan memberikan beberapa bentuk lain dari kabane, dengan kekuatan yang lebih kuat dari yang sudah ada dibandingkan melemparkan sosok kabaneri sebagai musuh utama. Toh kalau mau kabaneri menjadi musuh terakhir, setidaknya pasang setelah kabane benar-benar dieksplorasi.

Alhasil, anime dengan hype-nya yang meluap-luap ini, malah menjadi sebuah kekecewaan. Walaupun dari segi OST, sepertinya tak perlu diperdebatkan.

2. Sakamoto Desu ga




Cerita soal orang kece bernama Sakamoto. Aku mengikuti 3 episode saja karena jujur saja, anime ini tak membuatku tertawa sama sekali selain episode 1 nya. Ini gaya komedi yang lumayan baru namun aku bukan tipe orang yang menikmati komedi sambil berpikir kenapa itu lucu.

3. Flying Witch


Anime penyegar jiwa. Melihat pemandangan desanya saja sudah membuat hati terasa tenteram, belum lagi melihat paras Makoto yang bikin adem, hmmm. Anime ini bisa dibilang sangat pas di hari minggu yang santai. Aku sendiri menyukai anime ini. Atmosfirnya mirip-mirip Non Non Biyori. Yang menarik adalah cara mereka memperkenalkan sihir. Ya, ada sihir di anime penyejuk hati ini. Pikiran kita kalau mendengar kata sihir adalah sebuah aksi pertarungan atau kemampuan mengeluarkan semburan api, air, dan semacamnya. Bukankah itu bukan tipe anime penyejuk hati ? Tapi, anime ini menampilkan sihir dengan cara yang sangat simpel. Saking simpelnya, itu terasa seperti kita bisa melakukannya sendiri (kecuali kemampuan terbang,transportasi, dan kemampuan akane ketika membuat lingkungan disekitarnya menjadi tak berwarna).

Meski begitu, sisi komedi anime ini tak terlalu menarik. Disatu sisi, beberapa scene kadang terasa membosankan untuk dilihat. Namun, untuk sebuah anime dengan target sebagai penyejuk hati, anime ini layak ditonton.

4. High School Fleet


Atau Haifuri, merupakan kejutan terbesarku musim ini. Menggabungkan unsur moe dan militer bukanlah hal baru. Ada Girls und Panzer dan Kancolle beserta Strike Witches yang sudah ada sebelumnya. Namun, anime ini menawarkan sesuatu yang lebih menarik.

Ya, unsur realistis. Pertarungan antar kapal dimana para gadis-gadis menyiapkan segalanya di dalam kapal terasa realistis bagiku. Kita bisa melihat interaksi ala militer yang dibumbui sedikit guyonan ketika sedang bertempur melawan kapal lain seperti Hiei. Girls und Panzer juga seperti itu, tapi suasana yang mereka berikan bukan seperti hidup dan mati karena mereka hanya berlomba. Dan yap, kita bicara kapal. Mereka, para awak kapal Destroyer Harekaze, dianggap membangkang diawal karena menyerang kapal dari instansi yang sama. Penyebabnya ternyata kapal yang menyerang Harekaze, para awaknya terkena semacam virus yang membuat mereka kehilangan kesadaran. Harekaze bahkan dianggap musuh diawal cerita, walaupun mereka akhirnya berhasil mengatasi kesalahpahaman tersebut.

Walau begitu, anime ini memang kurang bisa memberikan sebuah story yang solid. Ada beberapa hal yang belum tuntas, seperti bagaimana nasib tikus-tikus yang merupakan penyebar utama virus. Selain itu, karakter yang terlalu banyak juga menjadi masalah karena dengan jumlah 12 episode saja rasanya sulit bisa mengenali mereka semua.

5. Tanaka Kun Wo Itsumo Kedaruge



Anime ini entah kenapa membuatku merasakan hal yang sama dengan menonton Flying Witch. Tak banyak lawakan-lawakan heboh yang bikin Voice actornya harus teriak sepanjang cerita. Wajar saja, karena Tanaka sendiri adalah sosok pemalas. Kita diantar pada sebuah cerita dimana kemalasan Tanaka dianggap seperti sebuah hal yang wajar bahkan bagi para guru. How lucky he is, sementara saya berkutat dengan skripsi yang gak selesai-selesai plus frustasi yang didapat karenanya. Anime ini cukup menenangkanku dari hal itu.

Ohta sebagai rekan Tanaka, mau tak mau harus membantu Tanaka untuk mengangkatnya pulang atau sekedar pergi ke kantin karena Tanaka tidak hafal peta sekolahnya sendiri (lol). Ada Shiraishi, si cantik yang memiliki kepribadian lain agak kekuno-an, yang jatuh cinta pada Tanaka. Ada Miyano, yang ngaku-ngaku sebagai muridnya Tanaka. Ada Echizen, si Yandere yang juga merangkap Tsundere. Ada adiknya Tanaka yang juga suka sama kakaknya sendiri, terus adiknya Ohta yang pemalu. Ada cukup banyak karakter.

Kelemahan anime ini ? Mungkin beberapa lawakannya yang terasa garing dan kadang agak membosankan dibeberapa bagian. Bagaimanapun, jika ada season 2 nya, aku berharap untuk penampakan mbak-mbak Wac yang lebih banyak (walaupun kayaknya sulit).

6. Re:Zero Kara Hajimeru Isekai


Anime paling bikin frustasi musim ini. No, No, itu bukan ungkapan kebencian. Hanya saja, memang seperti itulah perasaanku saat menonton ini. Ini seperti ketika kau mendapati saat-saat santai di hari minggumu hanya untuk menyambut pekerjaan menumpuk mulai hari Senin. Animenya sendiri ? So Far, So Good.

Kenapa aku bilang hanya bagus ? Karena memang hanya seperti itu. Untuk bilang anime ini lovable dengan cerita yang menakjubkan, sepertinya belum tentu bisa diterima karena mungkin banyak pula yang tak menyukai jenis cerita seperti ini.

Jadi, kita disuguhi sebuah anime bergenre fantasy, mystery, dan thriller. Thriller ? Ya, karena lumayan mencekam dibeberapa scene. Selain itu, Subaru sendiri mati dengan cara-cara yang menyeramkan. Bagaimanapun, anime ini menawarkan kisah seorang Subaru yang tersesat di dunia lain, bertemu sesosok perempuan bagaikan dewi dari kayangan bernama Emilia, berjanji untuk membantunya bahkan sampai mempertaruhkan nyawanya.

Good Guy ? Yeah, tapi sayangnya ia diberkati mulut yang tajam dan emosi yang sangat labil. Tipe jagoan yang biasa-biasa saja, tapi karakter seperti ini menarik diikuti perkembangannya kedepan. Apakah ia akan menjadi seorang yang ksatria ataukah tetap semenyebalkan atau lebih menyebalkan dari sekarang. walaupun fantasy, namun feel yang didapat terasa realistis sehingga mempengaruhi penonton. Psychological treatment ? Maybe.

Dibanding anime lainnya musim ini, anime ini menjadi anime dengan storyline paling rapi sejauh ini dengan karakter-karakter yang memorable. Alhasil, anime ini adalah calon kuat (malah calon tunggal) Anime of The Season. Mungkin juga berkat Emilia-tan (Explosion !! coz her VA (Rie Takahashi) same with Megumin (KonoSuba), Yeah)

7. Sansha Sanyou

Anime komedi standar tentang persahabatan sehari-hari tiga orang gadis (i like Futaba, Kondo, n Yoko). Well, tak banyak yang bisa kukomentari. Komedinya standar ala anime-anime shoujo kebanyakan. Meski begitu, anime ini cukup layak diikuti sampai selesai karena para karakternya yang begitu lovely dan cute.

8. Netoge no Yome (bla bla bla)

Dan, ada netoge (hampir lupa sama anime ini). Cerita soal Russian si gamer yang kapok nembak cewek di dunia game karena hode (plak). Namun ia menemui kenyataan lain bahwa teman-teman gamenya ternyata semuanya cewek (2 pake chara cowok, 1 pake chara cewek). Ada Ako, Si Babi Schew, dan si ketua OSIS. Semuanya cewek dan doyan game online. Ako jatuh cinta dengan Russian namun tak bisa membedakan dunia nyata dan dunia maya sehingga ia pun juga jatuh cinta dengan Russian di dunia nyata. Russian ini ingin Ako berubah menjadi seorang gadis yang bisa membedakan dunia nyata dan dunia game. Nah, aku mengikutinya cuman sampai disitu, kalau tak salah sampai episode 8 atau 9 saja. Awal-awal tergolong bagus dan harus kuakui aku cukup menikmatinya. Bagaimanapun, Ako (suka atau tidak suka kalian membacanya setelah ini) bukan tipe cewek yang kusuka, agak menyebalkan, dan jujur menjadi nilai minus-ku untuk anime ini selain si ketua OSIS yang terlalu bro sikapnya (lol). Setelah episode 6 aku kurang menikmati cerita ini dan terpaksa ku-drop. Anime ini memiliki story yang lumayan bagus namun jangan sampai demi cewek tercintamu, kamu bolos sekolah dan malah main game seharian sama dia. It's bad influence.


Tak banyak anime musim semi yang kukumpulkan. Sebenarnya masih ada anime lain seperti Boku no Hero Academia, Sousei no Onmyouji, maupun Ushio to Tora season 2 di list tersebut. Sayangnya aku mulai bosan dengan anime yang cuman modal action ataupun yang bertema "I wanna be a hero". Ada juga anime harem generic macam Hundred, Gakusen Toshi Asterisk Season 2, atau Cerberus (apalah namanya) yang tak kuikuti. Bagaimanapun, anime musim semi kemarin menjadi salah satu musim yang mengecewakan untuk kuikuti.



Credit : untuk semua situs yang menyediakan gambar-gambar diatas .... Thank You Very Much

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee