Coretan Singkat - Anime Musim Dingin 2017

Sudah lama tak membuat coretan ini. Terakhir kali kalau tidak salah tahun 2015, mungkin ? Entahlah.

Musim dingin untuk anime resmi berakhir. Beberapa anime masih ada yang belum tuntas seperti Kobayashi-san Chi no Maid Dragon, Tiger Mask W, Pokemon Sun & Moon, dan beberapa lainnya. Mulai minggu depan kita akan memasuki anime musim semi 2017, yang diawali oleh Mobile Suit Gundam Thunderbolt Season 2 beberapa hari yang lalu. Lantas bagaimana impresi saya terhadap anime musim dingin 2017 ? Tak usah terlalu diambil hati, ini hanya pendapat pribadi saya saja.


Catatan : Bagi yang anti spoiler, mungkin artikel ini akan mengandung Spoiler Tingkat Berat, jadi bagi yang belum menonton anime musim dingin seperti Konosuba S2, Rakugo, dan lainnya, harap jangan membacanya dulu.


1. Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu : Sukeroku Futatabi Hen



Jujur saja, kesalahan terbesarku adalah tidak menyelesaikan menonton season 1 dari anime sehingga diawal episode agak bingung dengan beberapa hal.
Terlepas dari hal itu, bingung menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan segala hal di season 2 ini. Penyampaian ceritanya benar-benar sudah di level yang mungkin tak bisa kucerna dengan tepat, mungkin ini masalah utama dari anime ini mengingat pangsa pasar yang mereka incar bukan untuk penonton umum. Berbeda dengan season 1 yang banyak memutar kembali ke flashback dengan penceritaan yang brilian, season 2 menceritakan Yakumo dan keinginannya untuk membawa Rakugo mati bersamanya. Memang begitu 'kan keinginannya sejak Season 1 ? Namun diakhir, ia tak melakukannya dan sepertinya menjauh dari dunia Rakugo sementara muridnya Yotaro, yang mengganti nama panggungnya menjadi Sukeroku setelah naik tingkat masih terus mengembangkan kemampuan rakugo-nya. 

Bagi yang tidak tahu apa itu Rakugo, Rakugo adalah salah satu seni bercerita dari Jepang yang dibawakan oleh seseorang yang duduk disepanjang cerita yang ia ceritakan. Ia menyampaikan ekspresinya melalui gerakan-gerakan tangan atau ekspresi wajah untuk menyampaikan ceritanya dan cerita tersebut adalah cerita humor yang dibangun dari dialog dengan klimaks yang akan membuat penonton tertawa.

Sekuel kali ini lebih kuanggap sebagai salam perpisahan Yakumo untuk dunia Rakugo dan memahami lebih lanjut hubungannya dengan Konatsu. Konatsu sendiri sudah menikah dengan Yotaro, namun anak pertamanya adalah buah dari hubungannya dengan Yakumo yang kalau boleh kubilang adalah hubungan terlarang karena keduanya terlihat seperti ayah dan anak.

By the way, Great Series yang sayangnya aku sendiri bingung bagaimana menyerap seluruh kisahnya.

2. Kuzu no Honkai


Seri ini termasuk seri populer di musim dingin lalu. Anime ini menggambarkan hubungan romansa yang dibentuk antar karakter, yang memiliki sifat tergolong busuk sama seperti judulnya yang bila diartikan ke-bahasa Inggris yaitu "Scum's Wish". Berbeda dengan cerita romance anime pada umumnya yang cenderung terlalu "sempurna", anime ini menggambarkan hubungan yang realis dan membuat penonton merasa seperti "oh, aku pernah mengalami hal ini sebelumnya, aku pernah melakukan ini, dll".

Meskipun secara isi bisa dibilang anime ini cukup banyak mengandung adegan sensual, namun fokus utama anime ini ada pada karakternya dimana sang heroine Hanabi dan (entahlah bisa disebut protagonis atau bukan) Mugi yang menjalin hubungan palsu untuk memenuhi hasrat bercinta mereka yang tak kesampaian. Anime ini menggambarkan segalanya dengan cita rasa yang begitu realis : Kita merasa iba pada tokoh yang cintanya bertepuk sebelah tangan, merasa tersakiti melihat pengkhianatan-pengkhianatan oleh pasangan yang kita sukai, dan lain sebagainya. Hal seperti ini jarang kita temui dianime-anime bergenre romance yang kebanyakannya hanya perulangan dari seri yang lama ke seri lainnya.

3. Gabriel Dropout



Seri anime komedi yang bercerita tentang malaikat bernama Gabriel yang lulus dari sekolahnya di surga. Dia kemudian bersekolah di dunia manusia untuk mempelajari dan mengarahkan manusia ke jalan yang benar. Yang terjadi adalah dia terkontaminasi dunia manusia dan berubah menjadi seorang pemain game online dan pemalas.


Dari sinopsis menunjukkan bahwa ini bakal jadi anime yang lucu. Sayangnya secara presentasinya, anime komedi ini tergolong gagal menunjukkan sisi komedi yang harusnya jadi senjata andalannya. Komedi yang mereka tampilkan adalah komedi yang sudah kita temui umumnya di anime cewek lainnya dan parahnya, tak ada improvisasi berarti. Secara teori dan eksekusi komedinya sudah tepat, namun tak memberikan efek sama sekali yang bisa dibilang anime ini gagal menghibur dari segi komedi. Tsukkomi-nya terlalu ketinggalan zaman, seakan seperti tak memiliki bahan lawakan yang terasa fresh dan tidak menghibur. Aku harus bilang kecewa dengan anime ini.

4. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon 

https://i.ytimg.com/vi/RR9odGA1PSY/maxresdefault.jpg 

Anime buatan KyoAni ini boleh dibilang cukup standar. Dari segi desain karakter cukup mengejutkan karena biasanya KyoAni sering membuat tokoh yang kelewat mengkilap seperti piring yang habis dicuci, hehe. Bercanda. Desainnya sangat fresh dilihat dan membuatku harus memberikan apresiasi untuk KyoAni.

Ceritanya berkisar diantara kehidupan Kobayashi, seorang pekerja yang seringkali ku salah pahami sebagai laki-laki dan pembantunya yang aslinya merupakan naga Tohru. Tak lupa si loli yang juga dari suku naga yang ikut tinggal di apartemen Kobayashi, Kanna. Kanna sendiri sangat populer karena keimutannya dan seakan menjadi highlight dari anime ini (Poor Tohru, can't catch a break from loli power). Ceritanya simpel dan standar, lawakannya juga kelewat biasa, namun inilah kelebihan anime yang menonjolkan sisi Slice of Life. Semuanya terasa enak dilihat, memberikan rasa nyaman dan kehangatan khas anime-anime SoL. Aku sendiri lega melihat Tohru yang walaupun menyukai Kobayashi namun tetap bertingkah normal tanpa berlebihan layaknya dianime-anime lain yang memiliki ketertarikan serupa. This girl is maid material, no matter what you're saying.

5. Youjo Senki

https://i.ytimg.com/vi/m4RfX7z-MYs/maxresdefault.jpg

Aku dikecewakan oleh Shuumatsu no Izetta musim gugur lalu karena unsur diluar militer-nya lebih kental ketimbang militernya sendiri. Dan Youjo Senki hadir dengan beberapa persamaan seperti penyihir dan militer. Beruntung, keraguanku terjawab.


Anime yang sebagian ceritanya berpusat di Tanya Degurechaff, seorang loli (lmao) yang menjabat sebagai salah satu komandan batalion khusus pasukan penyihir terbang. Mereka bertugas untuk menguasai medan udara dan melucuti pasukan darat musuh dari atas. Anime ini menyajikan cerita peperangan dengan baik, sekaligus menggambarkan tokoh Tanya sebagai seorang yang ingin segala sesuatunya berjalan sesuai rencananya. Hal itu dilakukannya agar ia bisa mendapat kenaikan pangkat, gaji yang cukup, dan hidup damai, walau nyatanya ia masih harus susah payah mengorbankan nyawa di medan perang.

Anime ini amat menarik ditonton, dengan banyaknya intrik-intrik militer, pandangan dari tiap karakter, dan fokus utama mereka di genre militer patut diapresiasi. Anime ini jadi penghapus dahaga untuk menikmati anime bergenre militer yang berkualitas bagus.

6. Masamune-kun no Revenge



Anime romansa yang mengisahkan niatan balas dendam si tokoh utama Makabe kepada gadis kaya yang sudah mempermalukannya dimasa kecil, Adagaki Aki. Apa yang ia rencanakan untuk balas dendamnya ? Membuat Aki jatuh cinta kepadanya.

Harus kubilang, ini konyol. Apakah sinopsisnya menarik ? Lumayan. Desain karakter ? Itu pertanyaan bodoh untuk anime-anime di masa saat ini. Storyline-nya ? Cukup banyak plot twist, tapi jujur saja aku tak tertarik. Anime ini terlalu banyak menampilkan karakter-karakter utamanya seperti Makabe dan Aki yang keluar dari karakter asli mereka. Mereka seperti tidak konsisten dan mudah dipengaruhi. Selain itu, cerita romansa yang terjadi juga terlalu standar ciri khas anime-anime romansa pada umumnya yang memperparah ketidakmenarikan karakternya.

7. Urara Meirouchou



Salah satu anime komedi SoL lainnya musim ini. Mengisahkan Chiya yang biasa hidup di hutan, pergi ke kota untuk mencari ibunya. Ia tak tahu siapa nama ibunya ataupun seperti apa rupa wajahnya. Setelah bertemu beberapa gadis yang semakin akrab dengannya, ia pun ikut pelatihan untuk menjadi Urara atau peramal.


Anime seperti ini manis sekali dilihat dan nyaman ditonton berulang kali. Komedinya memang hit and miss, namun kepolosan Chiya dan tingkah laku teman-temannya cukup menyenangkan untuk diikuti. Kelebihan dari anime SoL adalah kesederhanaan cerita dan penggambaran kehidupan sehari-hari. Dan anime ini bagiku termasuk salah satu anime yang layak ditonton semua kalangan. Sayangnya anime ini selesai dengan meninggalkan segudang pertanyaan yang kalau tidak dijawab melalui sebuah sekuel atau media lainnya, membuat semua hal-hal janggal yang dibuat akan terasa sia-sia untuk diciptakan.

8. Demi-chan wa Kataritai



Anime ini bercerita tentang seorang guru bernama Takahashi yang ingin mewawancarai para demi. Beruntung, disekolah tempat ia mengajar terdapat beberapa demi yang bisa ia ajak untuk diwawancarai, utamanya si vampir imut Hikari Takanashi.

Anime ini boleh dibilang standar khas cerita anime anak sekolahan. Perbedaannya terletak pada keberadaan demi atau manusia setengah monster, yang jadi tema utama anime ini. Takahashi sering mewawancarai para demi yang beruntungnya bagi dia adalah cewek semua. Dia melakukannya untuk bahan penelitiannya dan membantu para demi lebih nyaman hidup di sekolah. Anime yang bagus walaupun jujur saja terlalu standar menurutku. Ada beberapa keluhan yang silakan saja dibantah :
  • Entah kenapa segi pewarnaan karakter khususnya rambutnya agak kurang kusukai. Rambutnya seperti kurang hidup dan hanya seperti tempelan saja. Itu hanya menurutku.
  • Porsi Hikari Takanashi yang seperti mengambil sorotan utama seorang diri. Dia heroine utama, aku paham hal itu. Tapi keberadaannya yang terlalu dominan dan terlalu seringnya ia PDKT dengan Takahashi membuat karakter lain seperti tenggelam tak berarti. Aku sebelumnya menyukainya tapi lama kelamaan makin jengkel melihat hal ini. Give Sakie sensei a chance, dammit!
  •  Takahashi, kau punya banyak cewek demi yang bisa kau wawancarai, jangan terlalu memanjakan Hikari. Demi lain harus ke kantormu supaya bisa wawancara, sedangkan kau mendatangi Hikari, sampai bela-belain datang ke rumahnya. Ngapain coba.
Lupakan keluhan diatas, karena pelajaran dalam anime lebih penting. Kita mendapat pelajaran penting tentang kehidupan, tentang bagaimana beradaptasi di dunia yang berbeda, bagaimana menghormati perbedaan, dan pelajaran-pelajaran lainnya. Setidaknya anime ini cukup enak ditonton bersama keluarga.

Jika boleh jujur, anime di musim dingin 2017 kali ini kurang greget. Selain episode-episode yang awal cukup menarik selebihnya seakan mudah sekali terlupakan. Anime-anime seperti demi-chan, urara, gabriel dropout, dan masamune-kun mudah sekali terlupakan. Youjo Senki menjadi anime yang diluar dugaanku cukup seru diikuti, selain tentunya Konosuba 2 dengan komedinya dan Kobayashi-san yang dibuat oleh studio khusus anime moe, KyoAni. Minimnya anime bergenre action memang membuat musim dingin 2017 menjadi tergolong sepi. Aku sendiri tak mengoleksi anime-anime macam Ao no Exorcist dikarenakan aku tak terlalu hype dengan anime ini. Selain itu anime yang berasal dari manga penuh plot twist Fuuka juga tak kuikuti karena masih sedikit kesal dengan ceritanya.

Semoga anime di musim berikutnya bisa lebih baik lagi dan kudoakan agar para animator di Jepang semakin banyak jumlahnya. Hayaku no ouchi ni kaeritai~


Note : Bagi yang penasaran kenapa Konosuba 2 tidak ada, silakan klik disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee