Pedang Kusanagi , pedang legendaris semasa imperialis Jepang

Bagi masyarakat Jepang, Kusanagi merupakan pedang legendaris yang setara Excalibur. Nama awalnya adalah Ama-No-Murakumo-no-Tsurugi , namun sekarang lebih populer dengan nama Kusanagi-no-Tsurugi ("Grass Cutting Sword"). Menurut legenda, Pedang ini didapat oleh seorang dewa bernama Susanoo ketika sedang memotong ekor keempat dari seekor monster naga berkepala dan berekor delapan, Yamato-No-Orochi.
Kemudian dipersembahkan kepada dewi Ameterasu. Katanya pedang ini disimpan di Atsuta Shrine, tapi sampai sekarang belum ada seorang pun orang di luar kuil, kecuali kaisar, yang pernah melihat pedang ini.

Pedang Kusanagi no Tsurugi adalah pedang pemberian Putri Yamato-hime kepada pangeran Takeru Yamato , anak dari kaisar ke-12 Jepang, Kaisar Keiko. Pedang tersebut konon merupakan temuan Susanoo (saudara dewa Amaterasu) di dalam tubuh raksasa dengan delapan kepala , Yamata no Orochi. Takeru Yamato atas perintah ayahnya menuju ke pulau bagian timur Jepang dimana banyak warganya tidak mematuhi kekaisaran. Dia meninggal pada tahun ke-43 kekaisaran Keiko, dimana harta dari sang pangeran dikumpulkan bersama pedang Kusanagi.

Patung pangeran Takeru Yamato di Otori Taisha

Pedang Kusanagi termasuk dari 3 benda pusaka keramat (dikenal juga dengan Tanda Kebesaran kekaisaran Jepang) bersama cermin Yata no Kagami dan permata Yasakata no Magatama. 


Source : haxims.blogspot, wikipedia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee