[Review] DIR EN GREY - SUSTAIN THE UNTRUTH

Single "SUSTAIN THE UNTRUTH" rilis Januari lalu. Ini adalah rilisan ketiga mereka pasca album DUM SPIRO SPERO. Sebelumnya mereka merilis single Rinkaku dan mini album THE UNRAVELING. Bagaimana dengan single kali ini ? Mari kita bahas...

sustain the untruth

Personil :
- Vokal : Kyo
- Gitar : Kaoru dan Die
- Bass : Toshiya
- Drum : Shinya

1. SUSTAIN THE UNTRUTH

Tadi baru baca review dari Monochrome heaven tentang single ini dan mereka bilang single ini biasa-biasa aja, bahkan ada yang bilang jelek. Hello , kalau ada yang bilang single ini jelek , saya protes berat. Apakah anda mengharapkan teriakan gila-gilaan dari Kyo lagi ? Ingat usia mereka sekarang, gak mungkin Kyo bakal teriak-teriak kayak dulu lagi. Selain itu, kenapa pula mengkaitkannya dengan single/rilisan terdahulu ? Rilisan Diru yang satu dengan yang lain gak bisa dibandingin ! karena mereka selalu menyuguhkan hal yang berbeda di tiap single yang mereka bawakan. Lalu apa tanggapanku akan single ini ?

Yap , inilah yang disebut kedewasaan dalam bermusik. Untuk meraih penggemar yang lebih luas , kira-kira begitulah yang ingin mereka wujudkan dengan single ini. Sebuah lagu Heavy Metal yang tergolong "lunak" untuk ukuran band seperti Diru. Lagu ini terdengar simple, gak aneh-aneh kayak sebelumnya. Memang masih ada scream dan Growl dari Kyo, tapi itu tak membuat lagu ini terlihat berat untuk didengar. Sound gitar mereka juga terdengar gak seberat sebelumnya, yang membuat beberapa pendengar merasa lagu ini bergenre Hard Rock atau malah Rock secara umum. Dan juga ada sedikit solo gitar yang aku sendiri tak tau siapa yang memainkannya (I guess , Kaoru). Ketukan drum Shinya juga gak ribet kayak biasanya, membuat lagu ini tambah enak didengar. Keistimewaan lagu ini selain pada bagian chorusnya, adalah betotan bass Toshiya yang kedengaran mantap banget. 

Kelebihan : lagu yang rada catchy dengan sedikit sentuhan metal yang membuatnya terdengar indah untuk ukuran lagu metal
Kekurangan : karena "catchy" dan musiknya yang sedikit lunak, mungkin sedikit menurunkan kelas dari lagu ini bila ada yang membandingkannya dengan single-single sebelumnya seperti Rinkaku ataupun Different Sense.


2. Ruten No Tou (Accoustic Version)

Haha , entah kenapa setiap mendengar lagu ini cuma satu kata yang terlintas dipikiranku : Aneh. Ya, memang seperti itulah kiranya karena lagu ini dikenal lumayan keras dan tak ada bayangan terlintas lagu ini bisa dijadiin akustik. Setelah mendengar lagu ini berulang-ulang, jujur lebih suka versi aslinya namun usaha mereka membawakan lagu ini secara akustik perlu dapat aplause. Kaoru dan Die mampu memainkan permainan gitar akustik dari lagu ini dengan baik, Kyo dengan suara nya yang terdengar merdu. Untuk bass ataupun drum , gak terlalu mau berkomentar soalnya tidak terlalu menonjol untuk versi akustik ini. Penilaianku untuk lagu ini ya , bagus tapi entah mengapa kurang mengena.


3. Gaika, Chinmoku ga nemuru koro (LIVE)

Apa yang bisa kukomentari dari versi live ini ? Growlnya Kyo dilagu ini , I Like it :D Screamnya ? sudah agak menurun tapi bisa ditolerir. Yang rada ngecewain sound gitarnya , gak greget. Coba mereka masang sound gitar kayak di album Vulgar atau mini album Six Ugly, pasti lebih cadas tuh. Penilaianku untuk lagu ini, ya silakan skip kalau gak suka.


Secara keseluruhan , single ini memang sedikit lemah. SUSTAIN THE UNTRUTH memang sebuah lagu yang bagus, namun memang terdengar seperti sebuah lagu yang standar saja dari Diru. Ruten No Tou versi akustik harus diakui tak sebaik versi aslinya, namun usaha mereka patut diapresiasi. Dan untuk track ke-3 , mungkin Diru harus berhenti menjadikan live version dari sebuah lagu sebagai bagian dari single mereka karena itu justru malah melemahkan single-single yang mereka rilis. Jika diberi skala 1-10, single ini hanya kuberi angka 7. Lagu utama mereka cukup kuat, walaupun bukan rilisan terbaik yang pernah DIR EN GREY buat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Download] AKB48 35th single - Mae Shika Mukanee